Thursday, January 2, 2020

CARA JITU BERWIRAUSAHA? JADILAH KREATIF DAN INOVATIF!

Assalamualaikum wr wb

Halo apa kabar sobat blogger?
Pada blog kali ini saya ingin memperkenalkan kepada sobat semua cara jitu berwirausaha.
Nah seperti apa caranya? Udah ketebak dong ya dari judulnya, "CARA JITU BERWIRAUSAHA? JADILAH KREATIF DAN INOVATIF!"

Pertanyaannya, sobat blogger sebagian pada penasaran kan, apa sih hubungannya antara wirausaha dan kreatif? Maka di artikel ini Kita akan bahas bersama-sama keterkaitannya sampai tuntas.

Jadi sesuai namanya nih kata wirausaha terdiri dari dua suku kata, yakni “wira” dan “usaha”.
Wira secara sederhana dapat diartikan sebagai “orang”. Sobat blogger semua pasti pernah mendengar wirasableng bukan? Nah wirasableng ini artinya orang yang sableng atau sangat bandel.
Sementara kata “usaha” memiliki arti melakukan sesuatu. Jadi jika kita gabungkan, maka wirausaha memiliki orang yang melakukan sesuatu usaha.

Nah lalu kenapa wirausaha harus kreatif dan inovatif? Alasannya sesuai dengan yang di definisikan oleh para ahli, seperti:

John J. Kao
Menurut John J. Kao, seorang wirausahawan adalah seseorang yang bisa mengerahkan kreativitasnya untuk menciptakan sesuatu yang bisa mengundang hasrat konsumen untuk memiliki produk yang ia ciptakan.
Jadi seorang wirausahawan untuk bisa mengundang para pelanggannya, dia haruslah kreatif dan juga inovatif.

Alasan lain?

David Mc. Clelland
Clelland menekankan bahwa pembaharuan (inovasi) merupakan hal utama yang harus dimiliki sebagai semangat dan landasan berfikir seorang wirausahawan.

Nah hal ini pun juga sesuai dengan tips berwirausaha yang di sampaikan oleh Presiden kita, bapak Jokowi, yakni ayo lakukan inovasi setiap waktu. karna inovasi adalah kunci utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika produk sobat suatu barang atau benda, maka inovasi bisa sobat lakukan dari segi bentuk, kemasan maupun tampilan yang ada. 

Selalu lakukan pembaruan (inovasi) terhadap produk yang sobat jual. Pembaruan produk diperlukan selain untuk merefresh konsumen, juga untuk selalu mencari yang terbaik dari produk sobat. Sesuaikan juga dengan apa yang dibutuhkan pasar saat ini, jika tidak maka produk sobat pasti tidak akan mampu bersaing di pasar.

Nah sobat blogger semua, Kita akan ambil salah satu contoh ya sobat, Wirausahawan Air Minum Isi Ulang Yang Telah Dimasak PrimaAqua, bapak Putra Budiman, S.E

Usaha Air Minum Isi Ulang Yang Telah Dimasak PrimAqua ini terletak di Desa Laboy Jaya SP.1 Kabupaten Kampar, Riau. Usaha ini merupakan salah satu bukti betapa inovasi dan kreativitas menjadi point penting dalam berwirausaha sobat.

Pasalnya, hanya dalam waktu 8 hari di launching, usaha ini langsung memiliki banyak pelanggan tetap baik dari daerah setempat maupun dari luar daerah loh sobat. Alasannya? Ya itu tadi, inovasi Dan kreativitas. 

Awalnya ide pembuatan usaha ini tercetus setelah musibah penyakit yg nemimpa anak beliau, Namun, dibantu dengan kreativitas dan inovasi musibah tersebut berubah menjadi sebuah ide brilian dimana air yang biasanya dijual hanya dengan filterisasi kini dimasak secara konvensional menggunakan kayu bakar demi menjaga citarasa di kolaborasikan dengan teknologi filterisasi modern secara berulang.

Penyaringan sebelum direbus
Merebus air PrimAqua

Jadi sobat, tak ayal hanya dalam waktu yang relatif singkat usaha ini mampu menarik minat konsumen dan menjadi primadona dari segi kesehatan berkat pembaharuan (inovasi) Dan kreativitas.


Itulah dia sobat salah satu cara jitu berwirausaha yang dapat saya bagikan melalui artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Wassalamualaikum wr wb.




No comments:

Post a Comment