Thursday, January 2, 2020

5 INOVASI TEKNOLOGI YANG BERMANFAAT DALAM KEHIDUPAN

Inovasi adalah suatu proses pembaharuan atau hasil pengembangan suatu produk / sumber daya yang telah ada sebelumnya. Sehingga inovasi memiliki nilai yang lebih berarti.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Inovasi diartikan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang bari, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, ide, metode, atau alat). Secara umum, inovasi adalah pembaharuan atau perubahan yang terjadi dari suatu keadaan pada keadaan lain yang berbeda dengan keadaan sebelumnya.

Ilmu pengetahuan atau IPTEK saat ini berkembang sangat pesat sehingga mempengaruhi kita untuk berinovasi. Proses inovasi yang sangat dipengaruhi oleh kemajuan IPTEK berguna untuk memudahkan sesuatu untuk memproduksi hal yang lebih baru dan berani tampil beda. IPTEK tersebut tentu sangat erat hubungannya dengan pola kehidupan manusia, karena manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki sifat ingin serba simpel, cepat, dan praktis.

CONTOH INOVASI DALAM KEHIDUPAN

Adapun beberapa penemuan atau inovasi yang ada disekitar kita yang dianggap sepele namun pada umumnya memiliki fungsi yang bisa mengubah hidup dalam masyarakat. Kurangnya informasi tentang perkembangan teknologi adalah salah satu penyebab orang menyepelekan suatu inovasi yang telah ada.

Berikut ini 5 contoh penemuan atau inovasi beserta kegunaannya yang bisa mengubh hidup banyak orrang dizaman yang serba canggih ini.

1.      POWERBANK

Banyaknya pengguna smartphone kekurangan baterai ketika berpergian atau berada diluar rumah, membuat pengguna smartphone membutuhkan daya tambahan untuk baterainya agar mereka tetap bisa on setiap saat. Salah satu alat yang bisa membantu menambah daya baterai adalah Powerbank. Power bank menjadi andalan di saat baterai smartphone kritis. Dengan powerbank baterai smartphone bisa terisi tanpa kontak langsung ke listrik melalui colokan seperti alat charge biasanya.
Selain bisa mengisi baterai ketika aliran listrik tidak tersedia, powerbank juga mempunyai  kelebihan lain. Diantaranya:
  • Power bank dengan desain minimalis akan mudah dibawa kemana-mana
  • Power bank yang mempunyai spesifikasi High Power Charging dengan kapasitas mAh yang sangat besar, akan membuat proses untuk charge smartphone bisa lebih cepat
  • Power bank yang mempunyai beberapa colokan kabel USB, bisa dipakai untuk charge beberapa gadget secara bersamaan.
2.      FINGERPRINT




Fingerprint adalah sistem sensor untuk membaca sidik jari agar bisa menyatakan identitas seseorang. Yang kemudian dijadikan teknologi keamanan sebagai pengganti kata sandi cara biasa dan mulai banyak smartphone menggunakan fingerprint. Cara kerja fingerprint untuk menjadi sistem keamanan seperti mengunci smartphone itu dimulai dari membaca pola garis yang ada di jari menggunakan sensor dalam sistem dan merekamnya sebagai data dan akan tersimpan. Jika kita menempelkan pada fingerprint dan pola jari sama, smartphone yang tadinya terkunci akan terbuka. Apa fungsi fingerprint scanner hanya bisa jadi pengunci telepon? Tentu tidak, bisa juga digunakan untuk selfie, mematikan alarm, membuka aplikasi dan folder dan lebih banyak lagi.
Dengan demikian dapat disimpulkan 3 kelebihan fingerprint pada smartphone, yaitu:
1. Keamanan yang tinggi
Tidak perlu diragukan lagi, jika faktanya bahwa sidik jari manusia itu berbeda, teknologi fingerprint benar-benar aman dan terpercaya. Sehingga tidak ada yang bisa membuka kunci hp beserta file smartphone kita secara sembarangan.
2. Pengoperasian Mudah
kalau tidak merasa kesulitan dengan sistem keamanan kata sandi atau pola yang terkadang bisa lupa. Fingerprint memudahkan pengguna karena hanya perlu menempelkan jari yang sudah terdaftar pada perangkat. Dengan finger juga memudahkan kita untuk selfie dengan cukup meletakan jari pada sensor dan kamera akan segera mengabadikan momen selfie.
3. Tampilan Mewah
Bagi sebagian orang, perangkat yang sudah dilengkapi teknologi fingerprint ini terlihat lebih elegan dan kesan mahal. Dan tentunya, berhubung masih jarang smartphone yang sudah dibekali fingerprint, membuat pemilik smartphone dengan sistem fingerprint memiliki tampilan berbeda dan mencolok.
3.      GOOGLE MAPS
Google Maps adalah salah satu aplikasi canggih yang dibuat oleh google sebagai peta dunia secara digital. Selain menjadi peta digital dunia, Google Maps juga  dapat membantu kamu untuk mengarahkanmu ke tempat dari lokasi kamu saat ini ke lokasi yang kamu tuju. Google Maps saat ini adalah aplikasi yang melayani seluruh pengguna di seluruh dunia.

Adapun Keunggulan Google Maps adalah:

·         Dapat mengetahui estimasi waktu perjalanan kamu

Salah satu keuntungan menggunakan Google Maps adalah dapat mengetahui estimasi waktu perjalanamu. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk memprediksikan berapa lama kamu akan tiba di lokasi yang kamu tuju tersebut sehingga kamu bisa berangkat dan tiba tepat waktu. Google Maps secara otomatis akan menunjukkan jalan dengan estimasi yang cepat sampai tujuan. Tapi, ada baiknya kamu menyediakan spare waktu untuk menghindari kemacetan yang tiba-tiba terjadi.

  •          Google Maps dilengkapi fitur Add Stop
Apa itu fitur Add Stop? Keuntungan menggunakan Google Maps selanjutnya terletak pada fitur ini. Saat kamu dalam perjalanan ke tujuan, Google Maps akan memberikan informasi pom bensin, restoran, bangunan gedung, bahkan nama jalan yang ingin kamu temukan pada jalur yang sama atau searah sehingga kamu bisa menambahkan satu destinasi baru sebelum tiba ke tujuan akhirmu. Misalnya, dalam perjalanan menuju ke sebuah lokasi, kamu bisa lho mendapatkan informasi di mana letak pom bensin atau restoran terdekat yang mengarah ke tujuanmu. Carilah simbol penelusuran berikon kaca pembesar di atas samping kanan, lalu pilih sesuai kebutuhanmu, maka Google Maps akan memberi pilihan sesuai hal yang kamu cari. Berguna banget kan?

  •          Sebagai Panduan Menggunakan Angkutan Umum
Tak hanya bermanfaat saat mengemudi, tapi, saat menggunakan kendaraan umum, kamu juga bisa memanfaatkan keuntungan Google Maps ini . Cukup ketik tujuan dan pilih fitur dengan logo taksi, bus, kereta atau angkutan umum lainnya, setelah itu, Google Maps akan memberikan opsi yang bisa kamu gunakan untuk tiba ke tujuan tersebut. Bahkan, Google Maps ini membantumu memesan transportasi online lewat Google Maps. Tentunya, aplikasi ini akan sangat membantu saat kamu yang bepergian ke luar negeri karena kamu akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai jenis dan rute kendaraan umum tersebut. Jadi, tak ada kata tersesat deh!

  •          Dapat Mengetahui Titik Kemacetan


Kemacetan adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh banyak negara di dunia. Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang dapat memberikan informasi di mana titik kemacetan terjadi. Dengan memanfaatkan keuntungan menggunakan Google Maps ini, kamu dapat menghindari titik kemacetan. Kalau memang ada opsi rute alternatif lain untuk menghindari kemacetan, Google Maps pasti akan menyediakannya untukmu. Tapi, kalau tidak ada jalur alternatif, berarti memang keadaan memang sedang terjebak macet.
Manfaatkan keuntungan Google Maps ini ya untuk kebutuhan pribadi kamu sebelum aplikasi ini menjadi berbayar. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Google Maps selain 4 keuntungan diatas. Cari restoran, tempat wisata dan tempat terfavorit kamu di Google Maps! Fitur Google Maps yang mana nih yang paling bermanfaat untukmu?
4.      USB OTG

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak sebagai host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru.
Singkat kata, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet kita bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop. Karena fungsinya, maka pantas bila banyak orang yang lebih merasa "bergengsi" memiliki smartphone murah namun memiliki fitur ini.
Seperti sebagaimana definisi yang disebutkan di atas, secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) seperti mouse, keyboard, serta gamepad. Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas, yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data.

5.      TV LED



Sejak akhir 1950-an masyarakat terbiasa menonton dari televisi (TV) berbentuk tabung, mulai dari zaman layarnya masih berwarna hitam putih. Namun, sekitar tahun 2006, TV tabung sudah semakin jarang terlihat. Bahkan, toko elektronik besar pun sudah tak ada lagi yang menjual TV tabung. Popularitas TV tabung kini sudah tergeser dengan kehadiran TV Light-Emitting Diode (LED)

TV LED merupakan jenis TV yang paling hemat listrik. Pencahayaan emitting diode yang dimiliki TV LED mengonsumsi daya listrik lebih rendah. TV LED bisa lebih hemat listrik hingga 50 persen dibandingkan TV tabung. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan Anda.

Desain TV LED lebih tipis dibandingkan TV tabung. Hal ini disebabkan karena mereka sudah menggunakan teknologi backlighting. Umumnya, ketebalan TV ini hanya 25 mm saja. TV ini pun tak akan menghabiskan banyak tempat di ruang keluarga atau kamar Anda. Meski tipis, ukuran layar jenis TV ini lebih lebar dibandingkan TV tabung. Lebar layar TV tabung tidak bisa lebih dari 40 inch karena sulitnya membuat kaca untuk layar. Sementara itu, layar TV LED bisa mencapai 80-100 inch. Asyik banget kan buat nonton pertandingan sepak bola ramai-ramai sama teman-teman?

Dengan mengetahui fungsi dan manfaat dari penemuan atau inovasi yang telah ada membuat kita bergerak kearah perubahan dan tidak ketinggalan zaman yang serba simple, cepat, dan praktis seperti yang kita rasakan sekarang. Inovasi tidak akan terhenti disini dan akan tetap berlanjut mengikuti perkembangannya.

No comments:

Post a Comment